oleh

Bupati Tanjung Jabung Barat : Peringatan Hardiknas Sebagai Penguatan Pendidikan Dan Kebudayaan

Kuala Tungkal, (puterariau.com)

Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi menggelar upacara gabungan PNS, TNI, dan POLRI dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati, Rabu (02/05).
Bupati Tanjab Barat, Dr. Ir H Safrial MS selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dihadiri oleh Ketua TP PKK Tanjab Barat, H. Cici Halimah, Wakil Bupati, Drs. H. Amir Sakib, Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama.
Bupati Safrial saat membacakan sambutan Mendikbud mengatakan bahwa selain pembangunan infrastruktur perlu juga dilakukan penguatan sumber daya manusia (SDM) agar menjadi modal yang andal dan siap menghadapi perubahan zaman yang melaju kedepan dan teknologi canggih untuk menghadapi zaman modern ini. 
“Sebagai usaha penguatan SDM, Peraturan Presiden Republik Indonesia tentang penguatan pendidikan karakter juga telah dikeluarkan yang mengamanahkan gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa dan olah raga dengan melibatkan keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari gerakan nasional revolusi mental,” ujarnya.
Selain itu, pendidikan formal yang telah berhasil mendidik lebih dari 40 juta anak, pendidikan nonformal telah banyak memberikan andil dalam mencerdaskan bangsa.
“Semua harus dilakukan secara seimbang oleh tiga jalur yaitu jalur formal, non formal, dan informal yang harus diposisikan setara dan saling melengkapi. Oleh karena itu, Pemerintah memberikan perhatian besar dalam meningkatkan ketiga jalur pendidikan tersebut,” tambahnya.
Bupati Safrial berpesan peringatan hari pendidikan dengan tema “menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara. (yud/tonang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed