oleh

Kompak Dan Bersemangat, Kafilah Kepulauan Meranti Ikuti Pawai Taaruf MTQ Ke-42 Provinsi Riau Di Dumai

-Dumai-74 views

DUMAI, (puterariau.com)

Perhelatan tahunan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-42 Riau Tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 21 hingga 27 April 2024 di Kota Dumai telah dimulai.

Ditandai dengan pelepasan Pawai Taaruf oleh Pj Sekretaris Daerah Provinsi Riau Indra SE MSi, Ahad (21/4/2024) sekitar pukul 08.00 WIB, pawai taaruf berlangsung mulai dari depan Mapolres Dumai, Kantor BNI di Jalan Jenderal Sudirman hingga berakhir di depan pos 902 Taman Bukit Gelanggang.

Rute perjalanan peserta pawai ta’aruf kali ini, panjangnya mencapai sekitar 1,8 kilometer.

Menempati barisan urutan ke empat dari 12 Kabupaten/Kota, Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti mengikutsertakan lebih dari 600 orang dalam barisan pawai.

Peserta Pawai Taaruf Kafilah Kepulauan Meranti dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM, yang terdiri dari Peserta Lomba, Marching Band, Lembaga Adat Melayu Meranti, Bujang Dara, Gegar Mayang, Penggolek Tual Sagu, Kendaraan Hias, Kepala OPD/ Camat/Kades, BKMT, PKK, dan sejumlah Ormas.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H Asmar mengungkapkan rasa bangga atas keikutsertaan Kabupaten Kepulauan Meranti pada MTQ Ke-42 Riau di Dumai tahun ini.

“Saya merasa bangga, senang dan bahagia kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti ikut serta memeriahkan dan membesarkan nama baik Negeri Tanah Jantan dalam ajang MTQ dua tahun terakhir, untuk itu kami mohon kepada masyarakat Kepulauan Meranti untuk mendo’akan agar kafilah kepulauan meranti dapat meraih hasil terbaik dalam ajang ini,” ungkapnya.

Usai Pawai Taaruf, dilanjutkan kegiatan pameran dan bazar MTQ yang digelar di depan Islamic Centre, atau di Gedung Pendopo Sri Bunga Tanjung, Dumai.

Dalam pameran dan bazar tersebut, stan bazar Kabupaten Kepulauan Meranti memamerkan hasil produk unggul daerah, yang terdiri dari berbagai makanan olahan berbahan khas meranti seperti sagu, kopi, kelapa, dan beragam hasil kerajinan tangan dan produk lokal khas Meranti lainnya.

Untuk diketahui pelaksanaan MTQ Ke-42 tingkat Provinsi Riau di Kota Dumai, diikuti 12 Kabupaten Kota, dengan total jumlah peserta mencapai 809 peserta dari seluruh daerah.

Sementara itu, acara pembukaan MTQ Ke-42 tingkat Provinsi Riau, dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto pada Ahad (21/4/2024) malam di Venue Utama MTQ, Taman Bukit Gelanggang Kota Dumai.

Dalam ajang ini, terdapat 10 cabang yang diperlombakan. Adapun beberapa cabang yang di perlombakan yaitu Cabang Kaligrafi semua golongan, Cabang Syahril Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an, Cabang Al-Barzanji di Gedung, Cabang Hifzil Golongan 5 dan 20 Juz, dan Cabang Hifzil Golongan 1 dan 10 juz.***

Komentar