oleh

Prosesi Pengambilan Air di Sel Ladi Berjalan Saklar dan Dikawal Polisi

 

Kapolsek Sekupang Kompol Oji Fharoji ketika kawal jalan kaki umat Hindu, Minggu (3/2) foto (istimewa)

Puterariu.com, Batam—Ratusan umat Hindu dari penjuru Batam mengikuti prosesi Melasti atau pengambilan air suci yang berlangsung di Sei Ladi, Batam pada Minggu( 3/2) sekitar pukul 16.15 WIB.

Kegiatan prosesi melasti dimulai dengan berjalan kaki dari Pura Agung Amertha Buana ke Sei Ladi yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Dalam tujuan ke Sei Ladi umat Hindu mengambil air suci yang digunakan untuk membersihkan diri dan benda pusaka.

“Air yang disucikan ini dalam melasti untuk membersihkan diri kita sifat-sifat jahat, menyucikan diri kita dari sifat negatif, kemudian juga ada untuk menyucikan benda pusaka,” ujar Jero Mangko Putu Satria yasa selaku pimpinan Melasti  (pengambilan air).

Makna Melasti, lanjut Jero, adalah Pembersihan alam semesta Bhuana Agung dan Bhuana Alit, serta dalam rangka menyambut hari raya Nyepi tahun baru Caka 1941.

Sementara itu, prosesi tersebut mendapat pengawalan dari personil Polsek Sekupang dan Polresta Barelang yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Sekupang Kompol Oji Fharoji.

Perwira polisi berpangkat satu bunga dipundak ini menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh saudara kita dari umat Hindu adalah kegiatan rutin dilakukan. Seperti, tahun sebelumnya jelang hari raya Nyepi. “Untuk pengamanan dari personil Polsek Sekupang 10 orang sedangkan dari Satlantas dan Sabhara 24 Personil dan 5 pecalang,” ucap Oji. (Agus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed