oleh

Usai HUT, DPP SPI Gelar Rapimnas dan Diklat Jurnalistik

Pekanbaru –(puterariau.com)

Agenda tahunan Dewan Pimpinan Pusat Solidaritas Pers Indonesia (DPP SPI) terselenggara pada tanggal 18 – 19 Januari 2023 di Halaman dan Aula Kantor Sekretariat DPP SPI, jalan Pattimura, Pekanbaru, Riau.

Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) serta para tamu undangan, baik dari Forkapimda, Organisasi Pers, Organisasi Kemasyatakatan, maupun Stakeholder lainnya memenuhi tempat acara untuk ikut merayakan HUT SPI yang ke – II yang diakhiri dengan pelepasan balon ke udara.

Ketua Panitia, Wesly H Sihombing dalam laporannya mengatakan bahwa, usai digelarnya HUT SPI, akan dilaksanakan Rapimnas SPI yang diikuti oleh pengurus DPW dan DPD pada Rabu (18/01/2023) malam, dan Pendidikan Kilat (Diklat) Jurnalistik pada esok pagi.

Sekretaris Umum DPP SPI ini juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pengurus DPP SPI yang mempercayakan dirinya sebagai Ketua Panitia.

Dihadapan para tamu undangan, Wesly juga menghaturkan terimakasih kepada Pengurus DPW dan DPD yang telah memberikan kontribusi sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan sukses.

“Tak lupa juga kepada Mitra SPI, Saya ucapkan terimakasih atas sumbangsih yang tidak mengikat kepada SPI dalam rangka kegiatan ini,” ucapnya.

Asisten II Bidang Pembangunan Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad mengapresiasi Kantor Pusat DPP SPI berada di Kota Pekanbaru.

“Saya mengapresiasi kantor pusat salah satu organisasi pers ada di Kota Pekanbaru,” kata Ingot.

Terkait Thema : SPI berperan aktif menciptakan Wartawan berkompeten, Ingot menceritakan salah satu pengalamannya saat menjadi Camat diberitakan tidak sesuai dengan apa yang disampaikannya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP SPI dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya atas perkembangan SPI dalam 2 tahun ini.

“Saya bangga dengan perkembangan SPI dalam 2 tahun. Untuk itu, kepada jajaran Pengurus SPI di seluruh Indonesia, Saya minta agar tetap menjaga kekompakan, kesolidan, tetaplah bekerja dengan menjalankan UU pers No. 40 tahun 1999, Kode Etik Jurnalisitk (KEJ) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI),” imbau Suriani Siboro.

Acara HUT tersebut terlihat semakin hikmad saat Suriani Siboro memberikan potongan nasi tumpeng kepada Asisten II Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad, Wakil ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti, Humas Polda Riau, Kombespol Sunarto, Kapentak Lanud Rsn, Edison, Disdik Riau, Zubir, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Ade Iskandar, Kadis Dalduk KB, Muhammad Amin, Korem 031/WB, Jopi AP dan tamu undangan lainnya.

Acara HUT SPI ke – II diakhiri dengan pembagian Sembako dan santunan kepada Anak-anak yang kurang mampu di sekitar Kantor Sekretariat DPP SPI.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten II Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad, Wakil ketua DPRD Riau, Syafaruddin Poti, Humas Polda Riau, Kombespol Sunarto, Kapentak Lanud Rsn, Edison, Disdik Riau, Zubir, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Ade Iskandar, Kadis Dalduk KB, Muhammad Amin, Korem 031/WB, Jopi AP, PMP, Teva Iris.

Ketua DPD SPRI, Alwinsyah, Lurah Cinta Raja, Muhammad Arif SDP, Kepala SPNF SKB, Raja Agustini, Sergaponline.com, Hadi Zega, Pekanbaru Jurnalis Center, Drs. Wahyudi El, M.H, Kodim 0301/PBR, Emil Zamri Riaukontras.com, Emos DPP Kota PKU, Harry P Protokol DPRD, Hesta Media jetsiber, Leonardo Siregar, Dinkes, dr. David ,KNPI, Fadli Akbar, Kominfo Pekanbaru, Dedi D KNPI Riau, Larsen Yunus, Kapolresta Pekanbaru, AKBP. Dr. Pria Budi, S.I.K M.H, TRC PPA Provinsi Riau,IKBR, Mananger Panjaitan, SPKN, Romifrans, Humas Kodim 0301/PBR, Herman Harahap, Karang Taruna, Nasirwan, Media FBN, Herma Sari, Riautama, Serly M. Gultom,Liputan peristiwa, Hendra, Haniel Laoly dan tamu undangan lainnya.

Rapimnas SPIdihadiri Pengurus DPP, DPW dan DPD, Rapimnas SPI yang ke – I dibuka langsung oleh Ketua Umum DPP SPI Suriani Siboro.

Pemaparan terkait keuangan, disampaikan oleh Bendahara Umum DPP SPI, Paiman Girsang dan Kearsipan Kesekretariatan diuraikan oleh Wakil Sekretaris Umum SPI, Tri Wahyudi.

Dipandu Ketua Bidang Organisasi DPP SPI, Wahyu Andi Ris, Rapimnas berjalan sangat demokratis dengan berbagai pertanyaan.

Rapimnas yang berakhir pada pukul 00.30 WIB, menghasilkan beberapa poin dan ditutup dengan foto bersama.

Diklat Jurnalis

Antusias peserta yang mengikuti Pendidikan Kilat (Diklat) Jurnalistik ” Menulis Berita yang Baik dan Benar* terlihat di Aula Kantor Sekretariat DPP SPI.

“Peserta sangat antusias. Dari pukul 08.00 WIB sudah datang, padahal kita mulai pada pukul 09.00 WIB,” kata Ketua Panitia Diklat Jurnalistik, Wahyu Anda Ris di lokasi Diklat.

Asesor (Penguji) bersertifikat dari Lembaga Negara Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Wesly H Sihombing, selama 1,5 jam memaparkan bagaiamana cara menulis berita yang baik sesuai dengan KEJ dan PUEBI.

Ia juga memberikan pelatihan selama 1/2 jam kepada peserta Diklat baik Anggota SPI maupun bukan anggota.

Dari seluruh rangkaian agenda nasional DPP SPI tersebut, kepada peserta Rapimnas dan Diklat diberikan Piagam Penghargaan dari DPP SPI.

Sumber : DPP SPI

Komentar