oleh

5 Anggota BPD Serdang Jaya Betara Dilantik

Citra-Shipyard-Ship-Building-and-Repair

Kualatungkal, (PR Jambi)

Camat Betara, Toni Hermawan Putra, Jumat lalu (21/12 18) mengambil sumpah/janji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih di Betara.

Toni Hermawan menegaskan bahwa nantinya BPD dalam kedudukannya harus mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan Kepala desa sehingga BPD tidak memiliki kapasitas yang dapat menjatuhkan Kades yang sebelumnya dipilih masyarakat secara demokratis.

BPD harus tetap melakukan fungsi sebagai pengawas kinerja Kades guna memastikan Kades melaksanakan Pemerintahan desa sesuai dengan ketentuan Perdes yang sebelumnya disepakati bersama. “Tujuannya sebagai aplikasi dari pejabat visi dan misi Kades itu sendiri,” ujar Toni.

Salah satu fungsi BPD, kata Camat adalah membahas dan menyepakati rancangan Peraturan desa (Perdes) dalam mengembangkan segala potensi dan kearifan desa yang sebelumnya diambil melalui penyaringan berbagai aspirasi dari masyarakat.

“Karena kita ketahui, BPD dan Kades sama-sama memiliki fungsi strategis dalam menyiapkan kebijakan Pemerintah desa,” ujarnya.

Camat juga mengharapkan, kelima angota BPD yang baru dilantik, yakni Jamisah, Nanang, M. Ali, M. Dasil dan Hamsan yang berdomisili di Sesa Serdang Jaya Kecamatan Betara agar secepatnya merancang anggaran desa sebelum akhir tahun 2018.

Anggota BPD perlu memahami apa yang menjadi hak dan kewajibannya, larangan dan kewenangan yang selalu dijunjung tinggi setiap tindakan yang berkenan dengan tugas selalu dalam koridor hukum dan ketentuan yang berlaku.

Turut hadir acara pelantikan (BPD) Desa Serdang Jaya, yakni anggota Kapolsek Betara, Kanit intel, Bangun, Babinsa desa Serdang Jaya, Joni Purba, Kepala Puskesmas Sukorejo, panggung, turut hadir juga Kades Mandala Jaya, Suhaili, serta seluruh ketua RT Desa Serdang Jaya dan lapisan masyarakat. (yud/tng)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed