oleh

Festival Ya’ahowu Tampilkan Seni Budaya dan Pariwisata Kepulauan Nias

Nias Utara, (PR Nias)

Penyelenggaraan Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias tahun 2018 merupakan ajang promosi menampilkan berbagai atraksi seni budaya dan tradisi yang melibatkan 5 (lima) Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias yang telah berlangsung mulai dari tanggal (16-20/11) mendatang,

Hal ini disampaikan Bupati Nias Utara melalui Sekretaris Daerah Yafeti Nazara SKep MKep NSpM pada acara pagelaran seni-budaya Kabupaten Nias Utara dalam penyelenggaraan Ya’ahowu Nias Festival di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Nias Selatan, (18/11/18) malam.

Yafeti Nazara lebih lanjut menjelaskan bahwa masing-masing pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias sangat berperan aktif dalam mewujudkan dan memberikan kontribusi yang maksimal dalam mengisi dan mengemas Pagelaran Seni-Budaya untuk memeriahkan Ya’ahowu Nias Festival.

Ditambahkannya, momen ini sangat penting bagi Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kepulauan Nias karena ini merupakan proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum semua aspek kehidupan masyarakat, maka dinamika pembangunan daerah di Kepulauan Nias ini terutama sektor pariwisata dan kebudayaan harus dilakukan dengan pendekatan Holistic Integral dan berkelanjutan (Sustainable) serta terus berupaya dalam mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai kebudayaan, kesenian dan kepariwisataan.

Lanjutnya dengan menghimbau supaya Kepulauan Nias terus percaya diri mempromosikan dan mendapatkan potensi kepariwisataan, kebudayaan kepulauan Nias baik di tingkat daerah, Provinsi dan Nasional maupun di tingkat internasional.

“Kami yakin bahwa melalui Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias ini justru kita semakin diperhitungkan dalam peta pariwisata nasional sehingga angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara semakin meningkat karena Ya’ahowu Nias Festival ini termasuk dalam 100 Wonderful Event Pariwisata Nasional Indonesia,” tuturnya.

Wujud dukungan dan semangat kebersamaan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara menampilkan beberapa jenis Pagelaran Seni-Budaya yang antara lain : keikutsertaan pada Yaahowu Nias Festival dengan mengenakan Saembu (Balahögô) sebagai ciri khas adat Nias Utara, Tari Lailö Yöu sebagai medley Kabupaten Nias Utara, Atraksi musik Tradisional Nias Utara Hubölö Lailö, atraksi Manamakhe Nias Utara, Tari Maena Kreasi dan atraksi Kahe-Kahe serta keikutsertaan pada kegiatan-kegiatan lainnya dalam memeriahkan Ya’ahowu Nias Festival se-Kepulauan Nias tahun 2018.

Sementara Bupati Nias Barat Faduhusi Daely SPd dalam sambutannya mendorong event-event seperti ini dalam rangka ajang promosi destinasi wisata se-Kepulauan Nias yang kedepan, Pulau Nias fokus pada Kepariwisataan dan Perikanan-Kelautan dan berharap Pagelaran Seni-Budaya yang akan ditampilkan, baik dari Nias Utara maupun dari Nias Barat dapat melestarikan hal-hal yang sakral, supaya tidak terlupakan untuk generasi-generasi muda di Kepulauan Nias.

Pagelaran Seni-Budaya Ya’ahowu Nias Festival tersebut dihadiri Bupati Nias Barat, Wakil Bupati Nias Selatan, Sekda Nias Utara, Ketua DPRD Kab. Nias Selatan, OPD, Pengurus HIMNI, (tokoh masyarakat, agama, adat, budaya, pemuda) dan undangan lainnya. (Ken Gea)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed