oleh

Perlu Waspada, HIV/AIDS Di Kuansing Meningkat Tajam

Taluk Kuantan, (PR Kuansing)

Sangat ironis memang jika penderita HIV/AIDS di Kabupaten Kuansing mengalami peningkatan. Tahun ini saja, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taluk Kuantan sudah menangani 8 orang pasien positif HIV/AIDS.

Sebagian besar, pasien hanya menjalani perawatan jalan dan menolak untuk melakukan rawat inap. Pasalnya, banyak pasien menganggap jika penyakit ini merupakan penyakit memalukan. Sehingga, sebisa mungkin mereka menyembunyikan dari sanak saudara.

Tim khusus RSUD Teluk Kuantan menangani pasien HIV/AIDS, mulai dari cek kesehatan, hingga mengambil obat yang disediakan bagi mereka.

Direktur RSUD Taluk Kuantan, Dr Fahdiansyah menjelaskan bahwa penyakit HIV/AIDS bisa ditangani asalkan mengikuti petunjuk pengobatan dengan meminum obat sepanjang hidupnya.

“Tahun lalu ada 6 orang, sedang tahun ini di dapati 8 orang pasien HIV yang ditangani oleh tim RSUD. Adanya peningkatan pasien HIV/AIDS, hendaknya menjadi perhatian serius untuk Pemerintah daerah,” katanya, Kamis (06/09).

Menurut Fahdiansyah, dari jumlah 8 kasus tersebut, hanya tersisa 6 penderita yang masih mejalani pengobatan secara rutin. Sedangkan 2 orang lagi sudah meninggal dunia.

“Kasus HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es di tengah masyarakat karena banyak penderita yang tidak menyadari bahwa dirinya menderita HIV/AIDS. Untuk mencegahnya masyarakat harus menghindari faktor resiko dari HIV/AIDS itu sendiri,” ujarnya.

Fahdiansyah pun berharap, masyarakat tidak mengucilkan para penderita HIV/AIDS. Mereka pun tidak perlu takut untuk bergaul dengan penderita. (roder)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed