oleh

Bawaslu Inhil Awasi Tes CAT rekrutmen PPS

Tembilahan, (PR)

Tahapan Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah dimulai di seluruh Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Indragiri Hilir yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri dari tanggal 15 s.d 18 Mei 2024.

Pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) ini berlokasi di 10 titik yang tersebar di wilayah Kabupaten Inhil diantaranya SMKN 1 Tembilahan, SMAN 1 Concong, SMAN 1 Mandah, SMPN 1 Pulau Burung, SMAN 1 Kateman, BLKK Pelangiran, SMAN 1 Keritang.

SMAN 1 Reteh, SMPN 1 Tanah Merah dan SMAN 1 Gaung Anak Serka. Pada kesempatan tersebut Anggota Bawaslu Inhil Abus Siraj, SPt berkesempatan hadir untuk melakukan pengawasan CAT di Kecamatan Reteh.

Pada hari yang sama Musdalifa, SE MAK selalu Kordiv SDMO juga melakukan pengawasan tepatnya di wilayah Kecamatan Keritang. Dari hasil pengawasan di lapangan, pelaksanaan CAT ini telah sesuai dengan ketentuan Perundangan-undangan terutama “Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan Dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Secara teknis KPU Inhil telah memfasilitasi seluruh peserta CAt. Pada tim yang sedang melakukan pengawasan CAT Pimpinan Bawaslu Inhil berpesan untuk dapat memahami petunjuk teknis pengawasan Badan Adhoc sebagaimana yang tertuang dalam Surat Edaran Bawaslu Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pengawasan Terhadap Pelaksanaan Pembentukan PPK, PPS, KPPS dan Pantarlih Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Tim Pengawas dari Bawaslu Inhil juga berkewajiban untuk mengisi alat kerja Pengawasan dan From-a Pengawasan. Karena ini merupakan data yang sangat konkrit sebagai bukti telah melakukan Pengawasan yang nantinya akan dikirimkan kepada Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi Riau. (PR)

Komentar