oleh

Bupati Kuansing Buka Pelatihan Kewirausahaan UMKM Angkatan II


TELUK KUANTAN, (PR)

Bupati Kuantan Singingi Drs. H Mursini MSi membuka langsung secara resmi pembukaan pelatihan kewirausahaan angkatan II Kabupaten Kuantan Singingi bertempat di Hotel Sabilion Kelurahan Simpang Tiga kecamatan Kuantan Tengah, Senin pagi (9/12/2019.

Mursini mengatakan sesuai dengan undang-undang no 20 tahun 2008 tentang pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bahwa perlu pemberdayaan UMKM secara menyeluruh dan berkesinambungan melalui pengembangan iklim yang kondusif pemberdayaan kesempatan berusaha, dukungan perlindungan dan pengembangan usaha seluas luasnya.

“UMKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai peranan yang penting karena sebagian besar jumlah pendudknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha di sektor tradisional maupun modern,” ujar Mursini.

Dilanjutkan Mursini, pembinaan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah akan dilakukan oleh Pemerintah.

“Dalam dunia usaha baik secara individu maupun bersama-sama, harus dilakukan secara terarah dan terpadu serta berkesinambungan untuk mewujudkan usaha kecil yang tangguh dan mandiri serta dapat berkembang menjadi usaha menengah,” pungkas Mursini.

Sesuai dengan UU no 20 Tahun 2008 pasal 3, bahwa usaha mikro dan menengah bertujuan untuk mengembangkan usaha dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan, tambah Mursini.

Ada 3 tujuan dari pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Yang pertama, mewujudkan struktur perekonomian nasional yang seimbang, berkembang dan berkeadilan. Yang kedua, menumbuhkan dan mengembangkan kemampuan usaha mikro kecil dan menengah menjadi usaha yang mandiri. Dan terakhir meningkatkan peran usaha mikro kecil dan menengah dalam pembangunan daerah, penciptakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi dan pengentasan rakyat dari kemiskinan, tutup Mursini. (lidya)

Komentar

News Feed