oleh

Ternyata Selama Ini Alien Wara-wiri Pantau Aktivitas Manusia di Bumi

PUTERARIAU.com  Sebuah penelitian menyebutkan jika alien benar-benar ada dan mereka bisa memantau aktivitas manusia serta seluruh isi Bumi dari jarak dekat. Mereka berasal dari ribuan sistem bintang yang dilaporkan memiliki garis pandang langsung ke satu-satunya planet yang bisa dihuni makhluk hidup tersebut.

“Garis pandang ini berjarak 1.004 sistem bintang. Itu jarak yang cukup dekat dengan Bumi. Jadi, para alien ini bisa mendeteksi hingga jejak kimiawi kehidupan di Bumi,” kata astronom dari Universitas Cornell, New York, Amerika Serikat (AS), Lisa Kaltenegger, seperti dikutip dari Live Science, Jumat, 23 Oktober 2020.

Ia juga mengaku sudah sejak lama menemukan sejumlah exoplanet yang mengorbit di bintang-bintang jauh. Metode yang digunakan pun cukup sederhana, yakni mengawasi bintang dan menunggunya hingga meredup.

Aktivitas meredup itu diartikan sebagai aktivitas planet yang sedang melintas antara bintang dan teleskop. Namun, rumus temuan di balik dengan pertanyaan bintang terdekat mana yang berjejer agar penghuninya bisa memantau Bumi saat melewati Matahari? Lalu, apakah ada bentuk sistem bintang yang bisa mendeteksi kehidupan manusia?

Lisa mengungkapkan jika dirinya bersama ilmuwan lainnya menemukan 1.004 titik yang diduga kuat bisa memantau Bumi apabila dalam jarak 326 tahun cahaya. Dari titik yang ditemukan tersebut 508 di antaranya memiliki sudut pandang untuk mengambil 10 jam data pengamatan setiap Bumi melintas antara planet ini dan Matahari.

“Kami mencatat 5 persen dari ribuan sistem bintang ini kemungkinan berumur terlalu muda untuk ada kehidupan alien berevolusi. Namun, sisanya masuk ke dalam kategori bisa menopang kehidupan alien selama miliaran tahun,” jelas dia.

Sebagian besar sistem bintang berada dalam rentang jarak terjauh, yakni 326 tahun cahaya. Sedangkan bintang terdekat hanya berada 28 tahun cahaya saja, yang beberapa di antaranya berada pada jalur yang tepat untuk bisa mengawasi Bumi dalam beberapa abad terakhir.

“Hanya sebagian kecil exoplanet akan berada dalam garis pandang kita. Jadi kita bisa melihat mereka (alien) melintas. Tapi yang harus diingat ada ribuan bintang di luar sana yang kami identifikasi di dalam sistem Tata Surya. Nah, dari ribuan bintang ini mereka bisa melihat langsung Bumi ketika melintasi Matahari,” papar Lisa.

 

Komentar

News Feed